Fine Graphic

Blog yang memuat berbagai informasi unik dan menarik. Khususnya yang berhubungan dengan Design Graphic.

Headline News

Selasa, 29 Agustus 2017

Komunikasi Adalah Solusi



Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang komunikasi, mengapa kita harus berkomunikasi? Apa manfaat berkomunikasi?
Oke, jadi komunikasi adalah cara seseorang untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, secara verbal, non verbal. Komunikasi sangat bermanfaat untuk memecahkan persoalan, mengumpulkan data, dan menyehatkan jiwa.
Kuncinya harus terbuka dan mau mendengarkan lawan bicara. Dimulai dari yang sederhana seperti menanyakan kabar, aktivitas, sampai persoalan pribadi. Tentunya juga dengan orang yang kita anggap bisa dipercaya.
Komunikasi butuh momentum yang baik, untuk mendapatkan keputusan yang tepat. Dalam hal ini saya akan membahas mengenai Komunikasi di lingkungan kerja. Kenapa saya membahas hal ini? Karena ini memiliki pengaruh dalam kehidupan orang dewasa yang sudah bekerja. Bekerja adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang juga sangat dibutuhkan.
Biasanya orang orang bekerja 8 jam perhari, 6 hari dalam seminggu. Kita lebih detail lagi untuk para pekerja di dunia industri. Sebelum kita diterima bekerja, ada sederet langkah yang harus ditempuh. Mulai dari mencari informasi, membuat berkas lamaran, prediksi ujian, interview, cek kesehatan, sampai masa uji coba.
Interview adalah kondisi dimana komunikasi sangat dibutuhkan, karena dengan itu para petugas ingin mengetahui seperti apa gambaran perilaku kita disaat bekerja nanti. Ketika ditanya mengenai bidang pekerjaan jawablah dengan penuh percaya diri, dan meyakinkan. Tentu saja itu semua harus dilatih dan dipersiapkan sebelumnya.
Gunakan logika, dan pengetahuan yang aktual. Fokus pada bagian yang berhubungan dengan posisi yang ditawarkan. Jangan minder, atau terkesan tidak jujur. Dari itu persiapkan segala kemungkinan, seperti pengetahuan yang spesifik. Pada sesi penawaran gaji, hitunglah semua berdasarkan kebutuhan hidup anda 2 sampai 5 tahun mendatang. Jangan terlalu tinggi.
Pengalaman saya, mintalah gaji sekitar 3 juta, bagi lulusan baru, dan memiliki jenjang pendidikan tinggi. Tapi bagi yang sudah berpengalaman mintalah sesuai kemampuan anda.
Walaupun pada akhirnya semua tergantung bagaimana suasana hati dan kondisi kehidupan para pembaca. Karena jumlah yang kita ajukan harus logis dan bisa dipertanggungjawabkan.
Selanjutnya masuk ketahap uji coba, disana akan bertemu dengan orang-orang baru, karakter baru, ilmu bekerja yang juga baru. Namanya masih belajar, perlakuan mereka dengan hormat. Patuh terhadap semua instruksi, karena mereka juga tidak mungkin melakukan secara tidak etis.
Mintalah bantuan kepada senior dalam bentuk buku, atau manual book. Salin dengan baik, pelajari secara tepat. Jangan malu bertanya dan berdiskusi. Cobalah untuk menangani pekerjaan secara langsung, tunjukkan bahwa kita senang bergabung dengan tim yang baru ini. Jangan terlalu perhitungan, karena kita masih dalam tahap belajar. Nanti ketika kita sudah mahir, dengan sendirinya mereka juga akan menghormati kita, terlebih kita memiliki posisi atasan. Perlakukan bawahan secara manusiawi, dan tunjukkan bahwa kita adalah tim. Tim yang saling membutuhkan satu sama lain.
Jangan lupa juga untuk menunjukan rasa terimakasih atas ilmu yang sudah diberikan, seperti membawa makanan ringan, oleh-oleh. Tapi ingat jangan mengarah kepada penyuapan. Supaya terhindar dari yang seperti itu, tunjukan terimakasih itu setelah masa uji coba selesai. Jadi istilahnya syukuran. Dan jangan berlebihan, sesuaikan dengan kesanggupan ekonomi kita.
Setelah memasuki masa kerja, tentunya akan ada permasalahan yg muncul. Seperti pembagian tugas &  sbg. Komunikasi lah, berilah penjelasan seperti apa tugas masing-masing, profesional. Jika tetap terjadi pertentangan berikan peringatan secara lisan. Namun jika masih juga, konsultasi dengan atasan supaya bisa segera diselesaikan.
Saya rasa demikian pembahasan tentang komunikasi untuk kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan komentar.
Tamat.