Fine Graphic

Blog yang memuat berbagai informasi unik dan menarik. Khususnya yang berhubungan dengan Design Graphic.

Headline News

Minggu, 03 September 2017

Mengenal Logika



Halo para pembaca, apa kabar? Semoga kita selalu dalam kondisi terbaik. Amin.
Terimakasih karena masih setia mengunjungi blog ini, di kesempatan lalu saya membahas tentang komunikasi. Untuk kali ini saya akan mencoba membahas apa itu "Logika", apa manfaat logika, bagaimana menggunakan logika.
Kita langsung bahas saja, menurut Wikipedia  Logika berasal dari kata Yunani kuno Î»ÏŒÎ³Î¿Ï‚ (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika adalah salah satu cabang filsafat.
Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (bahasa Latin: logica scientia) atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur.
Ilmu di sini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Kata logis yang dipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal.
Oke, jadi sekilas tentang apa itu logika. Selanjutnya saya akan mengulas tentang logika menurut pemahaman saya, jadi ini berdasarkan sudut pandang saya pribadi. Maaf nih, bagi yang sudah benar-benar paham logika saya salut dengan anda. Tapi ijin kan saya untuk menjelaskan sejauh mana pehaman saya dalam berlogika. Berhubung karena saya menulis ini langsung dari blog saya pribadi.
Kita lanjut ya, logika itu adalah cara atau teknik sesorang dalam menganalisis informasi untuk menerjemahkannya kedalaman bentuk pengetahuan lain yang bisa diterima akal sehat, dan disepakati secara umum. Jadi contoh nya seperti ini,  Ayah susan memiliki anak, yaitu susi, nina, rani. Berapakah jumlah anak Ayah Susi? Jawabannya tentu 4. Jadi tanpa menyebutkan keempatnya kita sudah bisa menentukan jumlah anak dari ayah mereka.
Logika sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan persoalan, supaya tidak menimbulkan masalah baru. Kita sudah mengetahui, bahwa titik didih Methanol 80 drajat celsius, air 100 drajat celsiuc. Jika komposisi air 70 % dan methanol 30 % untuk mempercepat pemisahan dua tersebut maka apa yang kita lakukan? Jawabnya adalah, karena methanol lebih sedikit kandungannya maka kita hanya menggunakan temepratur 80°C, otomatis methanol akan menguap, dan waktu yg dibutuhkan untuk pemisahan dua zat tadi menjadi lebih cepat.
Jadi sama halnya dengan persoalan lainnya, sebaiknya kita menyelesaikan persoalan termudah dahulu, untuk mengefisiensikan waktu, dsb.
Dari contoh diatas, apakah para pembaca mulai tertarik dalam mempelajari logika? Mungkin saya tidak akan membahas dengan sangat detail, berhubung tulisan yang ingin saya buat bersifat singkat, aktual &  mudah di pahami.
Kamu bisa mencari referensi yang lebih lengkap dengan membeli buku khusus logika. Tujuan saya memang hanya untuk membangkitkan rasa peka terhadap isu aktual, tersisitem, dan menarik. Tidak terlalu banyak, karena ini masih sebatas blog. Bukan buku. Namun begitu tidak menutup kemungkinan untuk lebih fokus membuat buku, tergantung respon dari para pembaca.
Demikianlah penjelasan singkat saya tentang logika, saya yakin para pembaca sangat tertarik dengan ulasan yang berhubungan dengan logika. Karena siapa yang terampil berlogika maka anda adalah calon orang yang sukses.
Atas perhatiannya terimakasih.
Tamat.